BEWARE ‘VIRUS AL-WAHN’

Hayyoo..siapa yang kalau temannya bersin-bersin terus ingusnya srat-srot..srat-srot, menjauh atau paling gak tutup hidunglah…? Ya dong…tu kan virus menular! Ogak ah ketularan flu. Apalagi…kalau dengan virus ini…siapa yang gak kalangkabut kalau ternyata saudaranya ada yang kena HIV? Hiiiii….na’udzubillah…ogah dekat-dekat…

Namun, kayaknya sebagian dari kita mungkin gak sadar udah terjangkit virus ganas yang satu ini. Bahkan, kita enjoy dengan virus itu. Kita gak berusaha menghindar atau memberangus habis virus yang “mematikan”, khususnya bagi kita yang mengaku kaum muslimin. Waah..virus apa tu? Rasulullah Saw. Pernah bersabda “Akan datang suatu masa dalam waktu dekat, bangsa-bangsa (selain umat Islam) bersatu untuk mengalahkan kamu seperti sekumpulan manusia yang berkerumun memperebutkan hidangan makanan di sekitar mereka”. Mendengar peringatan itu, para sahabar Rasul bertanya “Wahai Rasulullah, apakah itu karena kita (umat Islam) pada waktu itu sedikit?” Ternyata menurut Rasulullah  “Bukan, bahkan kamu pada waktu itu adalah golongan yang banyak, tetapi kualitas kamu pada waktu itu bagaikan buih-buih lautan yang dibawa oleh arus air. Allah telah mencabut rasa takut dari hati musuhmu terhadap kamu dan Allah mencampakkan perasaan ‘wahn’ ke dalam hati kamu.” Sahabatpun bertanya, “Wahai Rasulullah, apa itu wahn’?” Rasulullah menjawab, “Cinta dunia dan takut mati.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kadang kita gak sadar telah melarutkan diri dalam aktivitas keduniawian yang sia-sia. Yang nonton konser lah..joget-joget sampai berantem..belum lagi mungkin teman-teman kita ada yang menjerumuskan diri pada dunia narkoba, pacaran sana-sini, free sex, tawuran..atau buat sobat cewek, ada yang masih hobi banget shoping, hambur-hamburin uang saku untuk hal-hal yang gak ada manfaatnya, lebih parah lagi mereka enggan menutup aurat. Semuanya dengan alasan “gaya hidup Bro!” Tahukah, inilah virus yang menjangkiti kau muslimin saat ini? Virus yang sejatinya memang ditularkan untuk menghancurkan generasi kaum muslimin. Generasi muda yang mestinya menjadi tunas-tunas kejayaan, mati padam oleh hegemony kaum kafir. Yang kaya’ gini sudah Allah gambarkan dalam firman-Nya “Mereka ingin kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir sehingga kamu menjadi sama dengan mereka” (QS. An-Nisa’: 89).

Maka, bisa dilihat hasilnya, pemimpin yang korup, orang-orang yang Cuma mau kemewahan buat dirinya sendiri dan gak perduli dengan kondisi di bawahnya. Mereka lebih mencintai dunianya. Jangan lupa sobat, Allah sudah kasih peringatan dalam QS. At-Taubah: 24, “jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya serta berjihad di jalan-Nya maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusannya. Dan Allah tidak member petunjuk kepada orang-orang fasik”. Parahnya, hukum yang pakai gak valid. Semua hanya atas dasar egoisme belaka. Dan jadilah kita kaum yang terpuruk, kaum yang jauh dari kemuliaan Islam.

Kalau sudah kayak gini, gak ada kata lain buat kita selain BANGKIT!!.Sebagai generasi muda kaum muslimin, kita mesti banyak belajar, terutama balajar Islam, biar kita gak tertipu dengan jerat sesat kaum kafir. Tinggalkan aktivitas-aktivitas yang gak ada gunanya. Jangan sampai virus itu menjangkiti diri kita dan saudara-saudara sesama kaum muslimin. Mari kita buktikan bahwa kita adalah umat yang terbaik, sebagaimana Allah berfirman “kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyeru kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar dan beriman kepada Allah” (QS. Ali-Imron: 110). Seperti yang tertera dalam ayat tersebut, kita harus menyeru kebaikan (Islam) kepada orang-orang di sekitar kita dan jangan ragu katakana “NO!” untuk kemungkaran. Pastinya semua atas dasar keimanan kita pada Allah Swt. Ya, keimanan dan kemauan kita untuk senantiasa menyebarkan Islam, kiranya bisa jadi back up terhadap virus wahn. Wallahua’lam bishawwab